Lulusan Pertama Prodi S3 Pendidikan Matematika tanpa Ujian Terbuka
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s3pendmatematika.pasca.unesa.ac.id/thumbnail/1ffd8fed-26f4-4abd-a8ec-7f8c54b8d171.png)
Salah seorang dosen Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar Andi Mulawakkan Firdaus, S.Pd.,M.Pd, mencatat sejarah di Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Sejarah yang diukir itu selaku alumni Pertama di prodi S3 Pendidikan Matematika meraih doktor bidang Pendidikan Matermatika tanpa ujian terbuka tetapi menulis 2 artikel Internasional bereputasi Scopus Q3. Menyelesaikan jenjang program S3Pendidikan Matematika, 12 Maret 2021 dengan menulis disertasi berjudul, Profil Generalisasi Pola Matematika Siswa SMP Berdasarkan Teori Apos DitinjauPerbedaan Jenis Kelamin. Penulisan disertasinya ini dibimbing oleh Promotor: Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si dan Kopromotor: Dr. Prandyo Wijayanti, M.Pd. Selama studi aktif menerbitkanartikel di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi,serta aktif mengikuti seminar nasional dan internasional dengan luaranprosiding IOP.
Andi Mulawakkan Firdaus dilahirkan di Bulukumba 9 Juli 1989. Beliau adalah alumni SDN 185 Bialo 2001, SMP Negeri 2Gangking 2004, SMA 1 Bulukumba 2007. Alumni Pendidikan Matematika FKIP Unismuh2012, Magister Pendidikan Matematika PPs-Unesa 2014 dan Doktor PendidikanMatematika PPs Unesa 2021.
Berikut ini daftar publikasi selama studi
No |
Judul artikel
ilmiah |
Volume/Nomor/ Tahun |
Nama Jurnal |
1 |
Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball
Throwing Pada Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 21 Makassar |
Vol.9/
No.1/ 2016 |
BETA
(Sinta 2) |
2 |
Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing
Setting
Kooperatif Pada Siswa
Kelas IX
SMP Negeri 5 Bulukumba |
Vol.8/
Edisi 2/ 2016 |
SIGMA |
3 |
Analysis of Students in Difficulty Solve Problems
Two-Dimentional Figure Quadrangle |
Vol. 13/Issue 1 Ver. II/2017 |
International Organization of Scientific
Research (IOSR) |
4 |
Proses
Kognitif Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Terbuka Matematika Ditinjau dari
Gender |
2017/ Hal. 169-176 |
Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Khairun Ternate |
5 |
Efektivitas Pembelajaran
Matematika Melalui Metode Question
Student Have (QSH) Setting Kooperatif |
Vol.1/ Edisi 1/ 2018 |
Majamath: Jurnal Matematika dan
Pendidikan Matematika (Sinta 5) |
6 |
Effectiveness of mathematics learning
through the application of cooperative models of numbered heads together
(NHT) types with contextual approach |
Vol.5/Issue 10/2018 |
International
Journal of Multidisciplinary Research and Development (IJMRD) |
7 |
Vol.7/No.1/2019 |
DAYA
MATEMATIS: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Sinta 3) |
|
8 |
Characteristics Middle
School Students Generalization of Pattern |
Series 1157 (4), 042080 (2019) |
Journal of
Physics: Conference (SCOPUS Q3) |
9 |
Generalization
Pattern’s Strategy of Junior High School students based on Gender |
Series 1417 (1), 012045 (2019) |
Journal of
Physics: Conference (SCOPUS Q3) |
10 |
Vol.2/No.2/2019 |
International
Journal on Teaching and Learning Mathematics |
|
11 |
Efektivitas
Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMP |
Vol.8/No.1/2020 |
Jurnal Edukasi
Matematika dan Sains (Sinta 4) |
12 |
IbM
Kelompok Guru-Guru SD Inpres Sero Di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa |
Vol.3/No.2/2020 |
Jurnal
Dedikasi Masyarakat (Sinta 5) |
13 |
Misconception of Junior
High School Students on Two-Dimentional Figure Materials |
Vol.8/No.1/2020 |
DAYA
MATEMATIS: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Sinta 3) |
14 |
Number pattern generalization
process by provincial mathematics olympiad winner students |
Vol.8 Issue 3 2020 |
Journal for the Education of Gifted Young Scientists (SCOPUS
Q3) |
15 |
Analysis
of mathematical ability to solve PISA questions on quantity content |
Vol.6/No.2/2020 |
Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika (Sinta
3) |
16 |
Vol.5/No.2/2020 |
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika (Sinta 4) |
|
17 |
Investigating Middle School Students Generalization of
Number Pattern Based on Learning Style |
Vol.12/No.6/2021 |
Turkish Journal of Computer and Mathematics
Education (SCOPUS Q3) |